h1

Voice Over IP(VOIP) Vs Voice Over ADSL(VoADSL)

April 1, 2008

Pertumbuhan pelanggan jaringan lebar (broadband) yang menggunakan teknologi ADSL sungguh mencengangkan. Pengguna ADSL sekarang ini sudah diperkirakan mencapai 107 juta pelanggan. Cina (19.497.000), disusul Amerika Serikat (15.106.294), kemudian Jepang (13.887.000). Penggunaan ADSL Speedy di Indonesia masih kurang rendah penetrasinya. Selain sebagi media penyaluran data dengan kecepatan tinggi, nantinya pemanfaatanya untuk saluran telapon. Voice Over ADSL (VoADSL) yang berbasis IP atau ATM pada sebuah saluran telepon analog, maupun penambahan saluran lagi. Teknologi ini sangat cocok diimplementasikan pada tingkat kepadatan telepon (teledensitas) rendah (indonesia).

Konfigurasi VoADSL
Jaringan VoADSL terdiri dari beberapa perangkat utama yaitu Digital Subscriber Line Acces Multiplexer (DSLAM) dan Voice Gateway yang ditempatkan pada sisi sentral telepon serta IAD yang berada pada sisi pelanggan. DSLAM berfungsi sebagai pengolah sinyal digital agar bandwith saluran telepon yang terbuat dari kabel tembaga dapat dioptimalkan sehinggan dapat melewatkan data berkecepatan tinggi.
DSLAM biasanya dilengkapi dengan POTS Splitter untuk memisahkan alokasi kanak data dan suara(analog). Antara DSLAM dan ISP terdapat Broadband Remote Access Server (BRAS) yang terhubung dengan jaringan ATM. Fungsinya untuk mengatur lalulintas data dari DSLAM ke Jaringan ISP dan sebaliknya dan menjamin QoS data dan suara yang disalurkan ke pelanggan.
Trafik suara VoDSL terhubung dari jaringan ATM ke sentral PSTN melalui Voice Gateway (VGW). Mode Transfer yang direkomendasikan DSL Forum dan ATM Forum adalah ATM Adaption Layer 2 (AAL 2).
AAL 2 merupakan teknik terbaru yang dirancang untuk mendukung penggabungan aliran paket real time melalui ATM Virtual Circuit Connection (VCC). Suara dikirimkan ke IAD di sisi pelanggan melalui jaringan paket. IAD digunakan untuk mixing suara dan data. Umumnya IAD tersedia port ethernet / ATM untuk data dan sejumlah port suara untuk saluran telepon analog.
VGM merupakan jaringan akses digital, jika dilihat dari sisi sentral. Koneksi Gateway dan sentral lokal menggunakan standar antarmuka V5.2 (GR-303 untuk Eropa, TR-08 untuk Amerika Utara).
VoDSL pada prinsipnya menggunakan kelebihan bandwith ADSL secara dinamis artinya saluran suara hanya akan mengkonsumsi bandwith ketika percakapan. Jika tidak sedang digunakan , maka digunakan untuk aliran data (internet).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: